Kata Hikmah

Kata Hikmah:
Adapun orang-orang yang beriman dan berbuat amal saleh, maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah untuk mereka sebagian dari karunia-Nya. Adapun orang-orang yang enggan dan menyombongkan diri, maka Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih, dan mereka tidak akan memperoleh bagi diri mereka, pelindung dan penolong selain dari pada Allah. (QS. An-Nissa : 173)

Minggu, 26 Mei 2013

HASIL BINTEK


HASIL BINTEK PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI
KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR  2013

Bintek Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Dasar yang di selenggarakan di Pusdiklat BKK Jl. Supriyadi No. 37 Semarang selama 3 hari dari  tanggal 22-24 Mei 2013. Pada kegiatan tersebut SMP 06 Pekalongan mengirimkan salah seorang guru IPS untuk mengikutinya.
Materi yang disampaikan dari kegiatan tersebut antara lain adalah seperti yang ada pada judul ini, ditambah bagaimana pembuatan Silabus,Proses Pembelajaran Aktif,Penilaian , Media Pembelajaran yang kesemuanya terintegrasi Nasionalisme dan Karakter Bangsa.

Yang perlu kita ketahui dari kegiatan tersebut bahwasanya dalam kurikulum tahun 2013 setiap KD-KD diorganisasikan ke dalam 4 kompetensi Inti ( KI )
KI 1 berkaitan dengan sikap diri terhadap Tuhan yang Maha Esa.
KI 2 berkaitan dengan karakter diri dan sikap sosial
KI 3 tentang pengetahuan terhadap materi ajar, dan
KI 4 berisi tentang penyajian pengetahuan
KI1,2, dan 4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI 3 untuk semua mata pelajaran. KI 1 dan KI 2 tidak diajarkan langsung (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran
Sedangkan yang dimaksud terintegrasi bahwa pendidikan karakter tidak diajarkan sebagai mata pelajaran terpisah, tetapi dilatihkan dan diteladani pada setiap mata pelajaran. Oeh karena itu guru dituntut untuk bisa memberi teladan bagi siswa dan didalam PBM guru menekankan pada siswa yaitu olah rasa, olah hati, olah pikir dan olah raga, serta guru harus semangat dan menyenangkan bagi siswa.
Demikian yang bisa saya sampaikan, Bapak Ibu guru sudah biasa melakukan PBM ini hanya saja karakter yang ditanamkan perlu lebih ditekankan kembali.
Dan satu hal yang menarik buat saya adanya pepatah :
Ketika kehilangan kekayaan anda tidak kehilangan apa-apa, ketika kehilangan kesehatan anda kehilangan sesuatu dan ketika kehilangan karakter anda maka  akan kehilangan segala galanya

2 komentar:

  1. Terima kasih, Bu Dwi sudah ikut berpartisipasi. Baik dan bisa dilanjutkan.

    BalasHapus

  2. Terimakasih Pak,atas bimbingannya.

    BalasHapus

Kami berterima kasih jika Anda berkenan memberikan komentar, saran ataupun usulan